Sabtu, 28 Januari 2012

Jawaban Soal 2 (Sylvia Hartati Saragih)

Kasus: (klik disini)

Listing Program:

Public Class Form1

    Private Sub Form5_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        BuatTabel()
        NPM.Focus()
    End Sub

    Sub DataNPM()
        Dim x As String
        Tahun.Text = "20" & _
        Microsoft.VisualBasic.Left(NPM.Text, 2)

        x = Microsoft.VisualBasic.Mid(NPM.Text, 3, 1)
        If x = "1" Then
            Jenjang.Text = "Diploma-I"
        ElseIf x = "3" Then
            Jenjang.Text = "Diploma-III"
        ElseIf x = "4" Then
            Jenjang.Text = "Strata-I"
        Else
            Jenjang.Text = "Tidak terdaftar..!"
        End If

        x = Microsoft.VisualBasic.Mid(NPM.Text, 4, 2)
        If x = "01" Then
            Jurusan.Text = "Manajemen Informatika"
        ElseIf x = "02" Then
            Jurusan.Text = "Sistem Informasi"
        ElseIf x = "03" Then
            Jurusan.Text = "Teknik Informatika"
        ElseIf x = "04" Then
            Jurusan.Text = "Akuntansi"
        Else
            Jurusan.Text = "Tidak terdaftar..!"
        End If
    End Sub

    Private Sub Nama_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles Nama.KeyPress
        Dim tombol As Integer = Asc(e.KeyChar)
        If tombol = 13 Then
            Call DataNPM()
            Nilai.Focus()
        End If
    End Sub

    Private Sub Nilai_KeyPress(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.KeyPressEventArgs) Handles Nilai.KeyPress
        Dim tombol As Integer = Asc(e.KeyChar)
        If tombol = 13 Then
            Call DataNilai()
            btnSimpan.Focus()
        End If
    End Sub

    Sub DataNilai()
        Select Case Nilai.Text
            Case Is >= 80
                Huruf.Text = "A"
            Case 70 To 79
                Huruf.Text = "B"
            Case 60 To 69
                Huruf.Text = "C"
            Case 50 To 59
                Huruf.Text = "D"
            Case Is <= 49
                Huruf.Text = "E"
        End Select
    End Sub

    Sub BuatTabel()
        LV.Columns.Add("NPM", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Nama", 180, HorizontalAlignment.Left)
        LV.Columns.Add("Jurusan", 100, HorizontalAlignment.Left)
        LV.Columns.Add("Jenjang", 90, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Tahun", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Nilai", 50, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Huruf", 50, HorizontalAlignment.Center)
        LV.View = View.Details
        LV.GridLines = True
        LV.FullRowSelect = True
    End Sub

    Sub IsiTabel()
        Dim Lst As New ListViewItem
        Lst.Text = NPM.Text
        Lst.SubItems.Add(Nama.Text)
        Lst.SubItems.Add(Jurusan.Text)
        Lst.SubItems.Add(Jenjang.Text)
        Lst.SubItems.Add(Tahun.Text)
        Lst.SubItems.Add(Nilai.Text)
        Lst.SubItems.Add(Huruf.Text)
        LV.Items.Add(Lst)
    End Sub

    Sub HapusIsian()
        NPM.Text = ""
        Nama.Text = ""
        Jurusan.Text = ""
        Jenjang.Text = ""
        Tahun.Text = ""
        Nilai.Text = ""
        Huruf.Text = ""
        NPM.Focus()
    End Sub

    Private Sub btnBersih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnBersih.Click
        HapusIsian()
    End Sub

    Private Sub btnHapusSemua_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnHapusSemua.Click
        LV.Items.Clear()
    End Sub

    Private Sub btnHapusSatu_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnHapusSatu.Click
        LV.Items.Remove(LV.SelectedItems(0))
    End Sub

    Private Sub btnSimpan_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnSimpan.Click
        IsiTabel()
        HapusIsian()
    End Sub

End Class

Hasil Program:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar